Bagaimana Memahami Hadis Nabi SAW


Peresensi      : Randi Swandaru

Judul Buku   : Bagaimana Memahami Hadis Nabi SAW

Penulis           : Dr. Yusuf Qardhawi

Penerjemah : Muhammad Al-Baqii

Tebal              : 200 halaman

Penerbit        : Karisma

Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh tugas yang dibebankan kepada  Dr. Yusuf Qardhawi oleh Lembaga Internasional untuk Pemikiran Islam dan Akademi Kerjaan untuk Pengkajian Kebudayaan Islam. Kedua lembaga tersebut menghendaki adanya sebuah literatur yang dapat memberi panduan tentang cara berinteraksi dengan As-Sunnah An-Nabawiyyah. Hal ini dinilai amat penting dilakukan karena sunah merupakan sumber kedua setelah Al Quran dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam buku ini dijelaskan tentang prinsip-prinsip dasar dalam berinteraksi dengan sunah baik kedudukan kita sebagai ahli fiqih atau juru dakwah. Kemudian dijelaskan tentang karakteristik dan berbagai aturan umum yang esensial untuk memahami sunah dengan benar

Pada bagian pertama buku ini dijelaskan tentang kedudukan sunah sebagai penafsiran Al Quran dalam praktik atau penerapan ajaran Islam secara faktual dan ideal. Sehingga ajaran Islam menjadi benar-benar terlihat sebagai manhaj yang komprehensif, seimbang,dan memudahkan dalam praktik kehidupan sehari-hari. Konsekuensi dari beberapa hal tersebut di atas maka menjadi suatu kewajiban bagi setiap muslim untuk memahami manhaj Nabawi yang terinci ini. Menyadari pentingnya kedudukan sunah dalam Islam, pada bagian pertama ini juga dijelaskan hal-hal yang harus dihindari, seperti penyimpangan kaum ekstrem, manipulasi orang-orang sesat, dan penafsiran orang-orang jahil

Kemudian pada bagian kedua buku ini dijelaskan kedudukan sunah sebagai sumber fiqh dan dakwah. Dalam kaitannya antara sunah dan Al Quran, Al-Auza’iy pernah menyatakan bahwa Al Quran lebih membutuhkan sunah dari pada sunah membutuhkan Al Quran. Namun, Imam Ahmad tidak berani berpendapat seperti itu. Menurutnya sunah menjelaskan kandungan Al Quran. Sunah di satu sisi memang menjelaskan apa yang ada di dalam Al Quran, tetapi di sisi lain sunah hanya menjelaskan apa yang terkandung dalam Al Quran, ia hanya berputar pada orbit Al Quran, tidak keluar darinya.

Karena kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam yang kedua maka para fuqaha harus memahami ilmu hadis sebagaimana para ahli hadis harus mempelajari ilmu fiqih. Karena pentingnya mempertautkan antara hadis dan fiqih, Sufyan bin ‘Uyainah mengatakan jika kekuasaan ada ditangannya maka ia akan mencambuk dengan pelepah kurma setiap ahli hadis yang tidak mempelajari fiqih dan setiap ahli fiqih yang tidak mempelajari hadis.

Pada bagian akhir buku ini dijelaskan beberapa petunjuk tentang cara memahami As Sunnah An Nabawiyah dengan baik. Beberapa dari petunjuk tersebut antara lain : memahami As Sunah sesuai petunjuk Al Quran, menggabungkan hadis-hadis yang terjalin dalam tema sama, membedakan fakta dan metafora dalam memahami hadis, membedakan antara yang gaib dan yang nyata, serta memastikan makna kata-kata dalam hadis.

Secara umum buku ini sudah baik memberikan panduan cara berinteraksi dan memahami hadis nabi. Penulis menunjukkan berbagai argumen yang dikuatkan dengan berbagai hadis dan ayat Al Quran. Kemudian penulis mampu mengolah perbedaan pendapat di antara para ulama dan menunjukkan jalan yang ‘tengah-tengah’. Namun di sisi lain penulis masih menggunakan beberapa kata yang tidak umum atau dikenali masyarakat awam. Kemudian penggunaan huruf gundul yang menyulitkan pembaca pemula. Terlepas dari segala kelemahan dan kekurangannya, buku ini amat cocok bagi setiap orang yang ingin memulai memahami hadis dan berinteraksi dengannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: