Kopi Darat IMO.thejakartapost.com


19 Maret yang lalu saya menghadiri acara kopi darat blogger-blogger yang aktif ngeblog di IMO.thejakartapost.com. Hari itu rombongan IPB melaju dengan kereta menuju Palmerah 12 tempat Kantor The Jakarta Post berada. Setibanya di sana, ruangan sudah mulai ramai dihadiri blogger lainnya dari Jabodetabek. Acara hari itu adalah ngobrol bareng narasumber, sharing dengan admin, dan makan malam.

Dari ketiga acara tersebut, ngobrol bareng narasumber adalah bagian yang paling menarik. Narasumber yang hadir sore itu adalah mas Budi putra. Beliau adalah full time blogger yang pernah bekerja untuk Tempo selama 5 tahun. Ia keluar dari Tempo karena menurutnya pekerjaannya telah mengganggu hobi ngeblognya. Jadilah dia menjadi full time blogger di bidang teknologi komunikasi khususnya mobile phone setelah itu. Tak disangka langkahnya itu membuahkan hasil yang luar biasa. Dia direkrut salah satu portal teknologi terbesar di Asia untuk menulis mengenai pandangan konsumen di emerging market (Indonesia) tentang mobile phone. Hobinya ini ternyata membuatnya mendapat kemerdekaan waktu dan pemasukan finansial yang tidak sedikit. Hari ini ia menjadi kontributor untuk Yahoo.co.id. Berikut ini adalah beberapa motivasi dan inspirasi dari beliau

1. Sejelek apapun catatan tetaplah catatan

Begitulah pepatah Cina berkata. Walaupun jelek catatan adalah catatan yang tetap mengandung informasi dan dapat digunakan. Sebagai blogger tetaplah mencatat dengan menulis di blog. Begitulah kira2 yang ia sampaikan.

2. Percaya diri

Jangan malu dan minder, tetaplah menulis jangan disimpan di draft. Kalau kita tidak memulai maka kita tidak akan pernah berhasil. Saat postingan kita sudah dipublish maka boleh jadi akan ada feedback yang dapat menjadi masukan bagi diri kita agar dapat menjadi lebih baik.

3. Buat pemula jangan terlalu peduli dengan traffic

Yang lebih penting daripada traffic adalah tetap menulis. Dengan demikian kita akan lebih terlatih dan menjadi penulis yang lebih baik. Lebih penting ada satu atau dua orang yang berterima kasih karena tulisan kita yang menginspirasi atau bermanfaat bagi orang lain daripada 25-30 orang yang mengunjungi blog kita tanpa makna dan kata.

Kira-kira begitulah hikmah yang dapat saya sampaikan. Sampai jumpa pada posting berikutnya

Advertisements
Comments
3 Responses to “Kopi Darat IMO.thejakartapost.com”
  1. zaza says:

    siapa aja rombongan IPBnya?

  2. arhaminkr says:

    mampir ke blog nya nih mas…bagus….saling kunjung mas ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: