Kawan Lama


Sore kemarin menjadi momen yang begitu luar biasa ketika saya membuka facebook. Ada box yang saya buka yaitu people you may know. Yang tampil dalam box itu sebagian besar adalah kawan-kawan lamaku saat SMA. Di luar dugaan ternyata mereka telah banyak berubah dan berkembang. Setidaknya dengan melihat info yang ada di profil mereka aku menerka bahwa mereka bukan lagi sosok sederhana yang aku kenal dulu. Sebagian dari mereka sudah ada yang berkiprah di Perth, London, Malaysia, Berlin, dan penjuru dunia lainnya.

Buatku bukan dimana mereka berada dan beraktivitas hari ini, tetapi aku melihat betapa mereka telah melakukan sebuat loncatan raksasa (giant leap). Dulu mungkin mereka adalag sosok yang sibuk di lapangan futsal, di depan cermin, atau di kantin sekolah. Namun, kini mereka sudah fasih berbicara bahasa asing, membuat deal dengan orang-orang asing, dan karya mereka juga luar biasa.

Ada bahagia yang terselip karena menyaksikan mereka dengan aktivitasnya masing-masing berarti aku menyaksikan masa depan negeri ini di tangan orang-orang yang tepat -kaum terpelajar. Namun, juga melecut diriku untuk tidak puas dengan pencapaian yang telah aku raih hari ini dan untuk terus memperbaiki diri. Aku sadar betul bahwa yang harus kita kejar bukanlah kepergian kita ke berbagai penjuru negeri karena itu hanya alat bukan tujuan. Yang perlu kita kejar adalah amal yang prioritas yang boleh jadi sederhana namun bermakna.

Semangat terus kawan-kawan! Hari ini aku telah mencium harum aroma kejayaan negeri ini yang semakin dekat dan semakin nyata.

Advertisements
Comments
2 Responses to “Kawan Lama”
  1. zaza says:

    bener, Ran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: