The Biostyrofoam Journey



Mengawali posting ini aku teringat pertanyaan pertama yang diajukan penguji pada sidang skripsiku. “Randi, why do you take about 5 years to finished ur study?” she asked.

Aku terdiam sejenak sebelum menjawab pertanyaan itu. Pikiranku menjelajah menemukan jawabannya di antara neuron-neuron dan sinapsis. Penelitianku memang tidak berjalan mudah dan lancar. Sepulang dari Amerika akhir Mei 2010 aku langsung ngebut ngejar penelitianku. Setiap Rabu saat mahasiswa lain menemui dosennya untuk membahas data penelitian, aku datang membawa-bawa proposalku. Setelah lebih dari sebulan proposalku tidak disetujui dan makin galaulah rasa hati.

Akhirnya sebuah tawaran proyek datang, aku buat ulang proposal penelitianku. Setelah proposalku disetujui penelitianku tak kunjung mulai karena bahan penelitianku belum juga datang. Jadilah aku terbang ke Bali untuk berlaga ada PIMNAS 2010. Agustus tiba bersama bahan penelitianku. Segeralah aku kejar jadwal penelitianku hingga September : Penelitian pendahuluan selesai. Selanjutnya adalah masa tunggu untuk masuk ke Lab Polimer Pertamina, Pulogadung hingga bulan November. Penelitianku di sana berlangsung hingga akhir Desember.

Januari mengantarku kembali ke Bogor untuk menyelesaikan tahap analisis. Februari menyudahi penelitianku. Aku mulai menulis hingga bulan Maret yang disertai kepergian laptopku bersama pencuri. Awal Maret membawaku kembali ke Lab. Kali ini di Puspitek Tangerang untuk Uji Differential Scanning Calorimeter dan Scanning Electron Microscope. Awal April proses itu selesai yang dilanjutkan dengan perbaikan skripsi hingga aku akhirnya duduk di ruang sidang pada tanggal 13 Mei 2011. Namun, penelitianku ini sempat mendapatkan dua penghargaan dari Jepang yaitu Finalist Winner Tokyo Tech Indonesia Commitment Award dengan pendanaan sebesar 10000 yen dan The Best 50 Proposal in Student Innovation Award 2011, Japan. Itulah ceritanya hehehe.

Advertisements
Comments
One Response to “The Biostyrofoam Journey”
  1. Erik Febrian says:

    Proses dan akhir yang indah!
    Good Job!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: