Hold on your Values


Setiap manusia punya nilai-nilai yang ia pegang dalam hidup. Nilai-nilai itu hadir dari ajaran agama, keluarga, adat dan lain-lain. Menjaga nilai tidaklah mudah dan seringkali kita dihadapkan pada situasi yang menguji diri kita untuk mempertahankan nilai-nilai tersebut. Berikut ini adalah salah satu momen semasa kuliah yang menceritakan tidak mudahnya menjaga nilai. Kisah ini adalah tentang menjaga kejujuran.

Seperti yang sudah diketahui khalayak di IPB bahwa menjadi anak TIN tidaklah mudah; banyak tugas, banyak praktikum, dan banyak laporan. Sialnya ketiga hal tersebut tidak jarang masih ngikut saat momen ujian. Jadilah kami hektic dan harus membuat prioritas. Hari itu kami diwajibkan mengikuti dua ujian akhir semester (UAS). Aku tidak ingat betul apa saja ujian hari itu, tetapi salah satunya adalah manajemen limbah atau apa gitu gak yakin juga sih. Pagi harinya kalo gak salah kita harus mengumpulkan tugas juga. Aku sendiri tidak belajar ujian yang kedua yang berlangsung siang hari. Entah temen-temen yang lain bagaimana. Persiapan yang ku lakukan cuma baca soal-soal tahun yang ku harap bakal sama persis dengan soal tahun ini. Idealnya kami harus membaca diktat dan slide2 yang diberikan dosen. Tapi hal itu terlalu ideal agaknya hari itu.

Memasuki ruang ujian gelagat yang tidak enak sudah terjadi. Kami ujian di ruang PAU dekat LSI. Temen2 sudah berdiri berbaris di depan pintu sebelum pengawas mempersilakan masuk. Begitu soal sudah disiapkan di setiap kursi di ruangan itu dan pintu dibuka, bocah-bocah langsung nyeruduk ke dalam. Tujuan cuma satu nyari kursi yang ‘enak’ (maaf kalo salah, tak ada niat meremehkan bagi temen2 yang punya niat yang lain). Tapi faktanya kursi bagian belakang yang riweuh direbutin dan mereka mengatur siapa duduk dimana dengan siapa agar lebih mudah bekerja sama. Aku memimpin doa ujian lalu ujian dimulai. Situasi 10 menit pertama masih tenteram lalu semakin gaduh perlahan-lahan. Hal itu tidak lain karena soal yang dikeluarkan dosen hari itu berbeda sama sekali dengan yang dikeluarkan tahun lalu. Buatku sendiri soal-soal itu susah banget. 😦 rasanya udah pengen nyerah aja. Namun pemenang lahir dari kesulitan-kesuliatan. Salah satunya mungkin dari yang satu ini. Aku terus mengerjakan soal-soal itu sejauh yang aku bisa.

Situasi semakin tidak menyenangkan saat memasuki tengah2 waktu ujian. Suara di kursi bagian belakang semakin gaduh, samar-samar terdengar suara mereka berkoordinasi untuk mengerjakan soal-soal yang sulit banget itu. Nah sekarang bayangin, kamu ngerjain soal yang susah banget sendirian dengan jujur di tengah gaduhnya ruangan yang penuh dengan orang yang ngerjain soal itu secara bersama-sama. Parahnya lagi pengawas ujian seperti tidak dihiraukan peserta ujian lain. Mereka semakin terang-terangan bekerja sama. Entah energi apa yang mendorongku tapi aku lantas beranjak dari kursiku. Aku berdiri tegap sambil meilhat ke arah kursi-kursi belakang. Seketika itu juga aku teriakkan, “KALO MAU NGOBROL MENDING DI LUAR AJA!!!” sambil mengacungkan jariku kuat-kuat ke arah pintu. Tak ada kompromi. Ruangan itu langsung berubah senyap. Semua mata lari ke wajahku. Mungkin mereka bertanya dalam hati “kerasukan setan apa nih orang?” Namun aku puas bisa berkata benar sesuai apa yang aku yakini. Aku kembali duduk lalu mengerjakan soal-soal. Tak ada lagi suara ribut untuk beberapa waktu. Begitu waktu ujian hendak berakhir kembali suara gaduh itu hadir tapi tak seperti yang awal tadi. Aku sibuk dengan beberapa soal terakhir lalu aku kumpulkan.

Entah nilai ujian ku berapa hari itu, yang jelas aku lulus untuk mata kuliah tersebut, yang pasti nilaiku tidak C, pasti antara A atau B. Hari itu mungkin tidak sedikit yang tidak suka dengan ulahku, tapi
begitu aku keluar ruang ujian dalam hati aku berkata : AKU MENANG!

Advertisements
Comments
3 Responses to “Hold on your Values”
  1. ariasky says:

    alhamdulillah iyah, sesuatuu

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] see this Share this:FacebookTwitterEmailLike this:LikeBe the first to like this […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: