Aslinya mana?


Aku mencermati dua pertanyaan berbeda yang sama-sama ditanyakan di awal percakapan. Kalo di Jakarta pertanyaannya pasti begini, “lulusan mana, mas?” atau “kuliah dimana, mas?” “angkatan berapa?” dst. Namun kalo sedang bertugas di Jogja pertanyaannya pasti begini ” Aslinya mana, mas?”

Analisisku begini, kalo di Jakarta masyarakatnya udah semakin plural maka asal daerah menjadi tidak begitu signifikan untuk ditanyakan. Pertanyaan asal universitas mungkin ditanyakan untuk mengidentifikasi ada tidaknya kesamaan almamater yang seterusnya mungkin dapat menggambarkan karakter. Nah kalo di Jogja, masyarakatnya cenderung lebih guyub sehingga asal usul itu menjadi penting dan relevan menjadi bahan pembicaraan. Kalo ditanya aslinya mana aku pasti bingung. Aku klarifikasi dulu aslinya itu lahirnya dimana atau keturunan mana? Kalo lahir aku memang di Jakarta tapi darah pure Jawa Aseli.

Kedua pertanyaan itu punya tujuan yang mirip sih yaitu mencari titik yang sama untuk berlanjut ke pembicaraan berikutnya. Jika titik temu itu semakin besar maka pembicaraan kemungkinan akan semakin asyik dan berlanjut lebih panjang.

Nah, uniknya aku pernah ditanya salah seorang client perusahaan kami dengan pertanyaan Jogja tadi, “aslinya mana, mas?” aku jawab, “aslinya itu apa, Pak? Kota lahir atau keturunan?”. Mendadak mukan berubah masam dan agak gak enak mendengarku menanyaku balik. Belakangan aku baru tahu kalau wajahnya berubah seperti itu karena ia berpikir bahwa ia salah memilih pertanyaan mendengar pertanyaan ku itu. Dia berpikir bahwa aku adalah keturunan china, maklum saja mataku memang sipit. Ia khawatir aku tersinggung dengan pertanyaan mengenai asal usul itu hehe. Buatku gak masalah kok karena Bapak itu mungkin orang ke 1439 yang memiliki pemikiran yang sama.

Nah yang paling repot kalo foto kopi di Jogja, begitu udah selesai foto kopi biasanya kita tanya ke tukang foto kopi, aslinya mana mas? Trus tukang foto kopi jawab, “Solo, Mas” -__-” (maksud gw dokumen asli gw yang tadi di foto kopi) hadeuuuh LOL 🙂

Advertisements
Comments
8 Responses to “Aslinya mana?”
  1. Haha, lucu ceritanya kak. jarang2 ni ka randi nulis yang agak rileks, hehe

  2. desni says:

    hahaha… yang terakhir kocak..

  3. heningsept says:

    Randi kerja di mana skr?

  4. Dina Berina says:

    asli ketipu gw sama tulisan ini…
    nice jokes, tp belom klimaks udah keluar… kurang ‘jleb’ bro 😀

  5. cumakatakata says:

    hahaaa…
    keren mas, lucu…

    oooo jd mas2 tukang fotocopynya dari solo yaa,, LOL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: