Nyari Daging Halal di Stockton


Allah memberikan banyak rezeki kepada kita bahkan yang gak kita minta pun Allah berikan. Gak percaya? Coba tanya, pernah gak pas tidur minta dikasih oksigen? Gak khan! Nah pas bangun kita juga belum tentu inget bersyukur akan hal itu. Pernah gak minta akan dikasih nasi tapi dengan kuasaNya kita dapat dengan mudah membeli beras untuk diolah jadi nasi. Nah dari yang sekian banyak yang Allah kasih ada beberapa hal aja yang Allah larang untuk dikonsumsi. Dalam surah Al Baqarah ayat 173 Allah berfirman:

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah.”

Berangkat dari ayat tersebut maka jelas kita gak bisa sembarangan makan daging apalagi bagi kita yang tinggal di luar negeri. Kalau yang sudah jelas haramnya sebagaimana disampaikan pada ayat tersebut gak perlu dibahas lagi seperti bangkai, darah, dan daging babi. Yang menarik adalah bagian ujung dari ayat tersebut yaitu haramnya daging binatang yang disembelih tidak dengan menyebut nama Allah. Lah terus gimana kalo ada daging ayam, sapi, atau kambing yang dijual tanpa label halal dan kita tidak ketahui siapa yang menyembelihnya? Ada ulama yang berpendapat boleh memakan daging semacam itu dengan mengasumsikan bahwa yang menyembelih hewan tersebut adalah Ahli Kitab. Sebagian ulama lagi tetap mengharamkan karena menafsirkan ahli kitab yang sekarang tidak relevan dengan yang dimaksud ahli kitab di masa lampau.

Lalu gimana solusinya? Hal ini pernah saya tanyakan kepada istri saya kira-kira seperti ini. “Apakah chicken nugget yang dijual di sini halal?” Jawabannya menarik, “belum tentu, jawabnya, karena kita tidak tahu siapa yang menyembelih. Lagian khan kita gak mesti makan ayam tho?” Dalam hati saya juga mengiyakannya. Masih banyak ikan tuna, udang, kepiting, cumi, dan aneka penganan laut lainnya. Trus selama setahun gak makan daging ayam, sapi, atau kambing? Hehehe gampangnya sih datang aja ke restoran halal yang ada di Durham, mereka menyediakan anekan makanan halal kok. Nanti saya bahas di tulisan berikutnya.

Nah kalo makan di restoran macam itu bisa bikin kantong jebol. Sekarang saya mau sampaikan cara mencari daging halal bagi mahasiswa yang studi di Durham University. Tempatnya ada di Stockton sekitar 40 menit perjalanan dari Durham City Centre. Wuih jauh juga ya?? Tenang bagi student cukup tunjukkan student card pas naik bus X12 and it’s totally free.  Enak tho. Sesampainya di Stockton langsung deh googling di Gmaps Toko Ahmed Foods. Kayak apa tokonya cekidot videonya di link berikut ini

Gak hanya daging halal, toko ini juga menyediakan aneka bumbu dan beraneka jenis makanan halal lainnya seperti sosis, daging gulung, kecap, saos, sambal, garam, merica, bumbu-bumbu instan dan lain-lain. Jika kalian tidak puas, masih ada beberapa toko lainnya di jalan yang sama yang juga menjual daging halal tinggal dipilih mana yang cocok. Selamat berburu!

 

 

Advertisements
Comments
One Response to “Nyari Daging Halal di Stockton”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] melanjutkan posting saya sebelumnya tentang mencari daging halal di Stockton, kali ini saya akan sampaikan restoran-restoran di Durham City Centre yang menyediakan makanan […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: